Karimah Bedah Buku “Genggaman Sahabat Taat”

Oleh: Neng RSN

 

LensaMediaNews— Cinta itu mengajak
Mengajak kepada ketaatan
Mengajak kepada cintaNya
Mengajak untuk dekat denganNya
Mengajak untuk kembali kepadaNya
Kepada aturan-aturanNya
Begitulah cinta. Ia adalah sebuah ajakan untuk taat kepada Sang Penguasa langit dan bumi
Ia adalah ajakan, untuk mendekat kepada yang Maha Cinta

 

Sebuah penggalan puisi bermakna mendalam yang tersirat dalam sebuah karya berjudul “Genggaman Sahabat Taat”.

 

Semangat kepedulian untuk perubahan menuju peradaban gemilang,  Alhamdulillah..Pagi yang cerah menandai acara bedah buku pada Ahad, 15 Desember 2019 bertempat di PAUD Bina Sehat Al Irsyad Waringinkurung.

 

Mengusung tema bedah buku, dalam kajian kali ini, Komunitas Remaja Muslimah (KARIMAH) Kramatwatu-Waringinkurung ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dari acara-acara sebelumnya. Buku yang dibedah adalah buku karya salah satu penulis asal Tegal – Silpianah – “Genggaman Sahabat Taat”.

 

Acara ini dihadiri oleh para pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Dan yang menjadi narasumbernya adalah penulis bukunya, Teh Silvi sapaan akrabnya serta dipandu oleh Teh Nisya sebagai moderator. Acara dibuka dengan lantunan ayat suci Alquran oleh Teh Sachun dan Teh Ajijah sebagai saritilawah.

 

Antusias peserta semakin terlihat saat Teh Silvi memulai penjelasannya, beliau menuturkan, bahwa buku “Genggaman Sahabat Taat” adalah sebuah buku yang mengulas perihal hijrah serta tentang sahabat taat yang membersamai hijrah. Isinya membahas tentang (1) hijrah, apaan tuh?, (2) Hijrah itu harus, (3) Hijrah, nunggu hidayah?, (4) Hijrah, menjadikan hidup terus hidup, (5) Hijrah Cinta, (6) Hijrah Kaffah, (7) Take Action, (8) Istiqomah dalam Hijrah, (9) Genggaman Sahabat Taat.

 

“Mengekspresikan diri banyak caranya, kenapa memilih dengan menulis?”, Tanya Teh Nisya membuka sesi diskusi.

 

“Menulis adalah hobi saya sejak masih SMP, sekarang pun masih saya simpan tulisan tersebut. Tidak akan saya publikasikan, tulisan tersebut merupakan proses belajar hingga bisa menjadi penulis seperti saat ini. Tentu banyak perkembangan terhadap tulisan saya, yang dulu masih acak-acak kini setelah masuk ke dalam komunitas ‘Akademi Menulis Kreatif’ menjadi lebih baik. Yang dulu isinya tentang tema-tema remaja pada umumnya, karena saya sudah mengaji sekarang tulisannya berkembang kearah ideologis”, Teh Silvi menjelaskan.

 

Acara diskusi berlangsung dengan hangat, hingga tak terasa pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan Teh Nisya kepada Teh Silvi, sampai pada pertanyaan yang terakhir, “Didalam buku ada sub judulnya Hijrah Kaffah, biasanya yang kita dengar itu Islam Kaffah, maksudnya apa itu teh?”

 

“Hijrah, harus totalitas, Ketika kita sudah memutuskan untuk lebih baik, ketika kita memutuskan untuk beriman kepada Allah, maka kita harus total dalam meninggalkan maksiat”, terang Teh Silvi.

 

Sebelum sesi diskusi diakhiri, Teh Nisya mempersilahkan Teh Silvi untuk memberikan Closing Statement nya,
“Buku ini saya dedikasikan bagi para muslimah yang bersama-sama dalam berjuang menuntaskan rotasi perjalanan hijrah ini hingga kembali berkumpul di surga-Nya”, tutur Teh Silvi mengakhiri sesi diskusi.

 

Acara berlangsung ceria hingga akhir acara. Sebagai selingan, menampilkan suara merdu Teh Hestya yang diiringi alunan piano. Pada akhir acara, ada pembagian doorprize yang menambah semangat para peserta. Satu peserta beruntung mendapatkan voucher gratis buku  “Genggaman Sahabat Taat” edisi terbaru . Acara ditutup dengan doa oleh Teh Sa’diyah dan foto bersama. Setelah itu diadakan forum ukhuwah yang memfasilitasi peserta yang berkeinginan mengikuti kajian mingguan. Wallahu a’ lam biashowab. [ry/LM]

Please follow and like us:

Tentang Penulis