Jaminan Kesehatan Dalam Islam

Salah satu hal yang merupakan kebutuhan asasi yang mutlak diperlukan oleh manusia dalam hidupnya adalah jaminan kesehatan. Kesehatan adalah masalah pelayanan umum dan kemaslahatan hidup yang sangat penting dalam masyarakat selain pendidikan.

Islam telah menetapkan bahwa yang akan menjamin kesehatan adalah negara. Pengadaan sarana prasana serta jaminan ditanggung sepenuhnya oleh negara. Tidak ada batasan baik laki-laki maupun perempuan, kaya atau miskin, muslim ataupun non muslim. Baitul maal yang akan menanggung pembiayaannya.

Tidak seperti saat ini, kesehatan menjadi sesuatu yang mahal. Masyarakat dibebani dengan pembiayaan kesehatannya berupa iuaran BPJS yang wajib dibayar perbulan. Bahkan menanggung beban hutang dari badan penyelenggara penjamin kesehatan itu sendiri. Ironisnya iuran yang semestinya ditanggung negara kini kembali akan dinaikan untuk mengurangi defisit.

Rakyat akan semakin terbebani dengan kenaikan iuran BPJS. Sudahlah tidak semua jenis penyakit dapat dicover, parahnya adalah pasien akan kembali dipusingkan oleh dana tambahan bagi setiap pasien yang rawat inap.

Semoga Daulah Islamiyah segera tegak di muka bumi. Agar rakyat tak lagi terbebani . Kesehatan dijamin sepenuhnya oleh negara. Rakyat hidup sejahtera, aman, damai sentosa. Aamiin.

 

Ummu Gia.
Bogor

[LS/Ry]

Please follow and like us:

Tentang Penulis