Rasulullah Sang Pendiri Darul Islam

Oleh: Putri Rahmi

 

Tsaqofah- Ribuan tahun lalu Mekkah hanyalah sebuah lembah di tengah padang pasir tempat persinggahan para khafilah dagang, kemudian lahirlah sosok mulia di Kota itu pada tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah. Menjelang lahirnya Khatamul Anbiya ini terdapat sejumlah peristiwa besar diantaranya :

1. Tanah Makkah yang Semula Gersang Menjadi Subur

2. Singgasana Raja Persia Bergoyang

3. Api Majusi yang Menyala Seribu Tahun Lebih Tiba-tiba Padam

4. Air Danau ‘A’ Secara Tiba-tiba Surut

5. Munculnya Burung Ababil yang Menghancurkan Pasukan Abrahah

6. Para Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) Melihat Bintang Besar dan Bercahaya

Semua peristiwa besar ini menjadi bukti bahwa telah hadirnya manusia agung penyebar risalah Islam. Rasullulah tumbuh dan besar sebagai sosok yang memiliki kepribadian yang unik dan mulia. Beliau dikenal dengan kecerdasannya dalam menyampaikan kalam Allah kepada seluruh penduduk kota mekkah.

Rasulullah saw. berkeliling mendatangi rumah-rumah penduduk. Di Makkah, beliau mengajak orang-orang untuk masuk Islam secara terang-terangan dalam rangka menjalankan pesan yang terkandung pada firman Allah

Setelah sekitar 13 tahun Rasulullah saw. berdakwah di Makkah, ternyata kota tersebut masih dalam kekafiran. Berbagai perlakuan buruk dialamai rasulullah dari dilempari.najis di depan rumah beliau, dilemparin isi perut kambing yang telah disembelih, menyiksa para pengikut beliau, menyebarkan berbagai berita bohong, melakukan boikot, dan berbagai cara lainnya. Akan tetapi, beliau membiarkannya dan menerima setiap gangguan itu dengan sabar.

Pada akhirnya Rasulullah hijrah ke Madinah untuk menyebarkan islam . Ketika Rasulullah ﷺ tiba di Madinah beliau disambut oleh penduduknya. Hal pertama yang beliau lakukan adalah mendirikan masjid.

Hijrah telah mengubah alur sejarah, juga membentuk situasi global dan internasional yang baru. Dengan mengumpulkan berbagai bangsa dan suku dari seluruh dunia dengan segala perbedaan warna kulit, bahasa, dan tradisi, serta menyatukan mereka dalam satu ikatan akidah yang kuat.

Hijrah Nabi Muhammad SAW. merupakan momentum sejarah yang sangat penting dalam pembenentukan peradaban Islam yang agung di muka bumi.Suasana dinamis dan harmonis hadir di Madinah dengan tegaknya segala ketetapan Allah SWT.

Demikianlah sejarah telah mencatat keberhasilan rasulullah seharusnya patut kita teladani secara totalitas dalam kehidupan kita.

 

[LM/nr]

Please follow and like us:

Tentang Penulis