Layanan Kesehatan Meningkat, Impian Seluruh Masyarakat

Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November menjadi momen penting bagi seluruh masyarakat di negeri ini, juga bagi seluruh rumah sakit, tenaga medis, dan non medis. Sejumlah rumah sakit dan instansi kesehatan mulai mengembangkan berbagai program untuk meningkatkan layanan kesehatan. Salah satunya PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (IHC), holding rumah sakit (RS) BUMN yang menyiapkan program pemanfaatan ekosistem digital. Program pemanfaatan ekosistem digital ini antara lain meliputi e-MR, Internet of Things (IoT), Wearable Devices, dan Telemedicine.

Seluruh masyarakat di Indonesia tentu menyambut baik momen peringatan nasional dan program-program digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Akan tetapi bila kita melihat kembali apa yang menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat adalah bagaimana layanan kesehatan dapat diakses dengan mudah, murah, dan cepat. Tidak sedikit pasien yang sudah datang ke rumah sakit/klinik tapi tidak dapat mengakses layanan kesehatan karena menunggak bayar BPJS. Jangankan untuk membayar BPJS, untuk memenuhi kebutuhan pokoknya berupa sandang, pangan, papan, sulit sekali dikarenakan penghasilan yang diperoleh pasien tidak mencukupi.

Akses dan layanan kesehatan bagi masyarakat yang optimal sesungguhnya dapat terlaksana dan bukanlah sebuah mimpi. Negara, sebagai pelindung rakyat, sesungguhnya memiliki kemampuan untuk menciptakan dan meningkatkan layanan kesehatan. Tidak hanya menjadi cita-cita seluruh rumah sakit atau instansi kesehatan, tapi harus menjadi cita-cita negara agar membuat rakyat sehat dan sejahtera.

Sumber daya manusia berupa tenaga medis dan non medis, serta dana kesehatan untuk seluruh masyarakat diupayakan negara dari pendapatan yang diterima dari SDA, seperti emas, timah, bijih besi, minyak bumi, gas, dan lain-lain. Belum dari pendapatan di bidang pertanian, perikanan, perkebunan, dan lain-lain. Pengelolaan SDA yang baik oleh negara dan tidak diberikan kepada pihak swasta akan mampu menopang kebutuhan pokok dan meningkatkan layanan kesehatan seluruh masyarakat. Gambaran negara dengan taraf kehidupan rakyat yang mencukupi telah pernah dialami dalam sebuah negara sebelumnya. Negara tersebut memiliki aturan yang berasal dari Sang Maha Pengatur, Allah Swt. Hal sama perlu kita lakukan demi mewujudkan rakyat sehat, sejahtera, dan tentunya barokah.

Aisyah Rachma

(Pemerhati Kesehatan)

 

[LM/nr]

Please follow and like us:

Tentang Penulis