Trend Global Re-strukturasi PNS

Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan diganti dengan robot kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Hal ini dilakukan dalam rangka percepatan reformasi birokrasi di era kemajuan teknologi yang sedang berlangsung saat ini (Detikfinance.com).

” Jadi (PNS digantikan robot), ke depannya pemerintah akan menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan kepada publik. Jumlah PNS tidak akan gemuk dan akan dikurangi secara bertahap,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum Dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama kepada detikcom, Minggu (28/11/2021).

Dengan digantikannya manusia PNS dengan robot, maka jumlah PNS akan lebih dirampingkan. Jika dilihat dari buku statistik ASN per Juni 2021, jumlah pegawai abdi negara memang mengalami penurunan sejak tahun 2016 silam.

Banyak pro kontra yang mewarnai wacana tersebut. Jika banyak PNS yang digantikan oleh robot, sudah pasti angka pengangguran akan bertambah. Per Agustus 2021, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 9,1 juta orang (Indozone.id, 28/11/2021).

Selain pengangguran semakin meningkat, dampak lain yang mungkin terjadi jika PNS benar-benar tergantikan oleh robot Al adalah semakin banyaknya persoalan baru yang muncul karena pemerintah mengambil kebijakan yang bersandar pada trend global dan ingin dinilai modern.

Niat hati ingin melakukan re-strukturasi PNS dan mengikuti trend global saat ini, yang ada malah menyebabkan seleksi untuk menjadi PNS akan lebih diperketat dan menyusutnya formasi-formasi yang dibutuhkan. Dan ini akan menyebabkan hilangnya peran manusia dari peradaban kehidupan terutama dalam pemerintahan.

Kemajuan bangsa semestinya tidak diukur hanya dari pencapaian fisik dan kemajuan teknologi yg digunakan saja. Tapi lebih dari itu, semestinya bangsa ini menggunakan ukuran dasar sebagaimana yang telah tercatat dalam sejarah peradaban Islam. Dari peradaban Islam lah lahir kebijakan-kebijakan yang diperuntukan dengan tujuan kemaslahatan bersama. Tercapainya tujuan bernegara yaitu menyejahterakan setiap individu, terciptanya ketenangan stabilitas dan meninggikan peradaban.

Vyana Rizki

[hw/LM]

Please follow and like us:

Tentang Penulis