Solusi Tepat Atasi Gelombang PHK

 

Lensa Media News, Surat Pembaca- Pabrik industri padat karya di Indonesia mulai banyak yang tutup. Gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pun tak terelakkan lagi. Namun, bukan hanya buruh/pekerja saja yang terdampak oleh adanya fenomena PHK, melainkan warga di sekitar pabrik yang tutup itu pun turut terkena imbasnya. (CNBC Indonesia, 14 Juni 2024)

 

Gelombang PHK tentu tidak bisa dibiarkan. Ini menunjukkan perekonomian di Indonesia sedang buruk. Janji pemerintah semasa kampanye untuk membuka luas lapangan kerja tidak pernah ditepati. Malah menerima produk impor dengan kebijakan Permendag No. 8/2024. Akibatnya, banyak produk asing membanjiri Indonesia bahkan dengan harga yang lebih murah. Perusahaan lokal pun terpaksa gulung tikar dan mem-PHK karyawannya.

 

Kebijakan-kebijakan yang salah ini akibat diterapkannya sistem kapitalisme. Dalam sistem kapitalisme, negara hanya sebagai regulator dan fasilitator yang memihak kepada para kapitalis atau investor, dan mengabaikan kesejahteraan pekerja. Sehingga negara tidak bisa mengatasi permasalahan gelombang PHK ini.

 

Ini berbeda sekali dengan kondisi perekonomian yang menerapkan sistem Islam. Sistem Islam pernah berjaya selama 14 abad, bahkan pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz tidak ada warga yang berhak menerima zakat saking sejahteranya masyarakat. Ini karena dalam Islam, negara adalah pengurus (raa’in) dan penanggung jawab (mas’ul).

 

Sistem Islam menyediakan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan keamanan dengan gratis, sehingga masyarakat tidak terbebani dengan biaya kebutuhan pokok tersebut. Negara akan melakukan industrialisasi sehingga membuka luas lapangan kerja. Negara juga akan memajukan pertanian, peternakan, dan perdagangan sehingga menyerap banyak tenaga kerja.

 

Negara juga akan memberikan modal usaha dan berbagai bimbingan usaha sehingga akan membuka lapangan kerja. Industri dalam negeri akan dioptimalkan sehingga tidak memerlukan produk asing. Berbagai kebijakan tersebut dalam sistem Islam maka gelombang PHK tidak akan terjadi dan masyarakat menjadi sejahtera. Dengan demikian, solusi tepat gelombang PHK saat ini adalah dengan mengganti sistem kapitalisme dengan sistem Islam. Wallahua’lam bishawab.

 

Dzakiyah,
Muslimah Peduli Generasi

 

[LM, Hw]

Please follow and like us:

Tentang Penulis