Indonesia Lumbung Padi, Anehnya Beras Langka

Lensa Media News—Beras adalah salah satu kebutuhan pokok yang harusnya disediakan pemerintah dengan melimpah dan harga yang terjangkau. Itu karena tugas pemerintah adalah mengurusi segala kebutuhan masyarakat dari sandang, pangan, hingga papan.

 

Namun dagelan terjadi di negeri ini adalah justru tiap kali menjelang suatu momen akbar, tiba-tiba masyarakat selalu dikejutkan dengan harga kebutuhan yang tiba-tiba menanjak naik. Sebagaimana dikatakan Presiden Jokowi mengatakan harga beras naik dikarenakan suplai dan distribusi yang terhambat.

 

Lalu menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) mengatakan keterhambatan dikarenakan proses dari sejak tanam hingga panen dikatakan tidak pas momennya. Itulah penyebab kelangkaan juga lonjakan harga bisa terjadi (Tribunews.com, 15/2/2024)

 

Inilah salah satu dari banyaknya dagelan pemerintah dalam mengurus urusan masyarakat. Seharusnya sudah menjadi tugas pemerintah untuk mengurusi stok bahan makanan pokok apalagi ketika akan memasuki momen-momen besar seperti Bulan Ramadhan, atau Hari Raya umat beragama, dan lain sebagainya.

 

Indonesia menyebut dirinya negara Lumbung Padi, namun nyatanya itu hanyalah slogan nickname tidak berarti. Anehnya momen stok beras bisa tiba-tiba menurun di waktu-waktu tertentu yang seolah-olah pemerintah sendiri tidak menduga akan terjadi hal demikian. Itulah justru bentuk kongkalikong penguasa dengan pengusaha di sistem kapitalis-sekuler ini. Kedua pion inilah penguasa pasar dalam sistem bejat ini.

 

Maka sampaikan pada masyarakat bahwa Islam tidak demikian. Islam dengan sistem pemerintahan dan ekonominya justru akan dengan telaten mengurus segala kebutuhan masyarakat dengan baik lagi sempurna.

 

Dalam sistem Islam, apabila terjadi kelangkaan maka sejatinya sebelum masuk momen tersebut justru Khalifah pasti akan selalu mengecek segala stok kebutuhan masyarakat jauh sebelum suatu momen yang diprediksi akan terjadi lonjakan. Ini karena Khalifah adalah pemimpin, dan pemimpin adalah pelayan masyarakat. Seorang pemimpin umat manusia yang dititahkan untuk menerapkan aturan Al Khalik. Waullahu’alam. Danis. [LM/EH/ry].

Please follow and like us:

Tentang Penulis