Peristiwa Penting di Bulan Rajab

Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang memiliki kemuliaan. Tentu saja sebagai seorang muslim kita tidak boleh mengabaikannya. Bulan Rajab juga penanda bahwa bulan suci Ramadan akan segera tiba. Setiap muslim tentu butuh melatih berbagai ibadah agar di bulan Ramadan kelak terbiasa dengan banyak ibadah dan akhirnya menuai banyak pahala.

Tidak hanya itu. Di bulan rajab pun ada beberapa peristiwa penting yang harus diketahui. Pertama, dibulan ini, kaum muslim hijrah ke Habasyah di tahun ke-5 kenabian. Di kitab siroh nabawiyah dijelaskan bahwa kaum muslim saat itu berangkat meninggalkan Mekah, tanah air mereka, demi menyelamatkan akidahnya. Tentu saja ini adalah ujian yang sangat besar untuk mereka karena butuh keimanan yang besar unuk hijrah ke Habsyah. Meninggalkan tanah air, harta, ternak, rumah menuju tempat yang sama sekali asing. Tapi karena keimanan yang bulat saja, kaum muslim saat itu berangkat.

Kedua, peristiwa Isra Mi’raj Rasul Saw. Peristiwa ini terjadi pada tahun ke-10 kenabian. Saat itu Rasul Saw tidak hanya menerima perintah salat, tapi beliau juga diangkat menjadi pemimpin seluruh manusia. Beliau bahkan diperintahkan menjadi imam para nabi dan rasul di Baitul Maqdis.

Ketiga, peristiwa saat Nabi Saw bertemu kaum Anshar. Kaum Anshar adalah kaum yang mulia. Melalui mereka, Islam bisa ditegakkan dalam sebuah institusi negara. Sehingga saat itu dimulailah seluruh syariat Islam ditegakkan. Dengan ditegakkan hukum Islam secara sempurna maka darah, harta, dan jiwa pun terjaga.

Keempat, runtuhnya sistem pemerintahan Islam di Turki. Sangat disayangkan bahwa sistem pemerintahan Islam runtuh di bulan Rajab. Mustafa Kemal Ataturk membubarkan sistem pemerintahan Islam pada 28 Rajab 1342 H. Efeknya sampai sekarang, umat Islam makin terpuruk keadaannya. Umat Islam tidak lagi menjadi pemimpin dunia dan malah menjadi bulan-bulanan musuh-musuh Islam.

Masih banyak peristiwa-peristiwa penting di bulan Rajab selain yang dipaparkan di atas. Setiap peristiwa harus diambil pelajaran agar kedepannya setiap muslim menjadi lebih baik kondisinya dan mendapat berkah Allah Swt. [IF/LM]

Riri Rikeu

 

Please follow and like us:

Tentang Penulis