Ketua DPRD Kabupaten Bandung Sugianto bersama Anggota fraksi PDIP Yayat Sumirat turun menemui para peserta aksi bela Palestina di depan gerbang komplek perkantoran pemkab Bandung soreang. Kamis 20/5/2021. Dalam orasinya, Sugianto menyerukan kecaman terhadap kebiadaban Zionis Israel yang secara terus menerus menyerang Palestina. Sebelumnya Yayat bersama perwakilan solidaritas muslim Kabupaten Bandung di ruang Banmus gedung DPRD Kabupaten Bandung melakukan audiensi, menyampaikan harapan supaya DPRD dan Pemkab Bandung melakukan langkah kongkret dalam menyikapi perjuangan, kepada Bupati agar ada instruksi mendonasikan hartanya, juga mengajak muslimin se-kabupaten Bandung ikut doa bersama di masjid-masjid. Ini sangat penting karena pemahaman umat Islam harus betul-betul satu visi. ( Dara.co.id)

Dalam hal ini, persoalan Palestina tidak kunjung selesai. Padahal berbagai aksi mengutuk tindakan Israel juga upaya mediasi perdamaian sudah dilakukan, berbagai bantuan kemanusiaan berdatangan. Tapi itu semua tidak menyelesaikan masalah dan tidak tuntas. Untuk memahami persoalan ini, umat harus paham tentang solusi sahih dan tuntas dengan memahami akar persoalan Palestina yaitu terjadi pencaplokan tanah Palestina oleh Yahudi Israel sehingga solusinya bukan perdamaian yang dimediasi PBB, bukan kemerdekaan dalam kerangka nation state, bukan sekadar donasi dan boikot produk Israel serta solusi pragmatis lainnya. Seharusnya pemerintah bisa mengambil langkah politis dengan mengirimkan tentara untuk membantu rakyat Palestina mengusir penjajah Israel, dan tidak layak hanya sekadar menyampaikan kecaman saja. Oleh karena nya, dibutuhkan keberanian besar untuk bersatu melawan Israel. Sayangnya, kepentingan nasional masing-masing negeri Islam menjadi hambatan, tersekat-sekat nation state membuat para pemimpin muslim hanya mampu mengutuk.

Pelestina adalah tanah kharajiyah milik kaum muslimin warisan khalifah Umar bin Khattab r.a. Palestina terjaga dan terlindungi sepanjang peradaban Islam menaunginya. Tanah Palestina akan kembali ke pangkuan kaum muslimin manakala umat memilih kepemimpinan tunggal yang akan mengerahkan tentara terbaik melawan Israel yaitu Daulah Islam yang mampu menandingi kekuatan musuh Islam demi menjaga martabat dan kemuliaan Islam.

Wallahu’alam bi shawab. 

 

KhaeranNur Illah Kiftiah Khaerani
(Guru di Bandung)

 

[faz/LM]

Please follow and like us:

Tentang Penulis