Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Perdana

Oleh: Sri Purwanti, Amd.KL
(Pegiat Literasi, Founder Rumah Baca Cahaya Ilmu) 

 

Parenting – Tahun ajaran baru segera tiba, bagi orang tua yang memiliki anak usia lima tahun atau lebih tentunya sedang memikirkan bagaimana caranya mempersiapkan ananda menyambut hari pertama masuk sekolah. Karena kadang akan banyak drama yang mewarnai mulai dari tangisan karena takut dengan suasana asing dan ramai, rengekan bahkan mogok atau tidak mau berangkat sekolah.

Ayah dan Bunda, anak-anak perlu dipersiapkan sebelum mereka memasuki usia sekolah, sehingga bisa meminimalkan keributan yang terjadi. Mereka tidak kaget dengan suasana baru dan bisa menikmati sekolah perdananya dengan rasa gembira. Berikut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Pertama, pahamkan anak tentang pentingnya menuntut ilmu, hal ini bisa dilakukan dengan menghapalkan hadis tentang menuntut ilmu, bermain peran ( guru dan murid), membaca buku bersama sehingga anak akan mengalami masa bermain dan belajar yang menyenangkan, dan ketika mereka memasuki usia sekolah tidak kaget.

Kedua, orang tua bisa mengenalkan lingkungan sekolah dengan mengajak mereka silaturahim ke sekolah yang hendak dituju, biarkan mereka mencoba merasakan lingkungan baru, berkenalan dengan guru-gurunya sehingga mereka akan merasa nyaman dan aman.

Ketiga, ajak anak mempersiapkan keperluan sekolahnya, tas, buku, kotak pensil, tempat bekal, botol minum biarkan mereka memilih sendiri, sehingga anak akan merasa gembira mempersiapkan semua perlengkapan sekolahnya.

Keempat, mulai mengatur jadwal mereka, jam berapa harus tidur, bangun, berangkat sekolah dan bermain, sehingga ketika tiba waktunya masuk sekolah mereka sudah beradaptasi. Merubah kebiasaan dari masa sebelum sekolah menuju masa sekolah memerlukan waktu sehingga harus dilatih secara perlahan sampai mereka benar-benar siap. Karena aktivitas sebelum sekolah dengan sesudah sekolah pasti ada perubahan.

Kelima, berikan penjelasan tentang aktivitas di sekolah, mulai dari bertemu teman baru, orang tua baru (guru) sehingga anak akan memiliki gambaran tentang aktivitas di lingkungan barunya, baik melalui buku cerita, maupun media lain.

Keenam, orang tua perlu meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri anak, serta memantapkan adab mereka. Hal ini penting supaya anak-anak bisa bersosialisasi dengan baik. Bagaimana mereka harus berteman dengan semua tanpa membeda-bedakan, mengucapkan kata yang sopan sehingga biasa menjalin komunikasi dengan baik.

Ketujuh, meyakinkan anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan, berikan gambaran betapa asyiknya berada di lingkungan sekolah, bisa menambah kawan, bisa mengekplorasi lingkungan baru, dan bisa mendapatkan pengalaman baru. Hal ini bisa mengikis ketakutan dan keraguan yang terjadi pada anak.

Kedelapan, usahakan mengantar dan menemani pada hari perdana mereka masuk sekolah, sehingga semangat dan kepercayaan diri anak akan meningkat. Anak juga akan merasa aman dan nyaman, serta meminimalisir rasa takut. Ketika orang tua mau meninggalkan sekolah, usahakan pamit kepada anak tidak pergi diam-diam, karena ini kan meruntuhkan kepercayaan anak kepada orang tua.

Kesembilan, orang tua perlu mengajak anak untuk terbuka dan menceritakan kegiatannya selama di sekolah, sehingga ketika anak merasa tidak nyaman bisa segera dicarikan solusi.

Pendidikan adalah hal yang sangat penting, karena di dalam Islam ilmu adalah sesuatu yang agung, bahkan wajib hukumnya bagi setiap muslim untuk menuntut ilmu karena ilmu adalan jalan untuk mendapatkan kabaikan dunia akhirat. Sebagaimana Sabda Rasulullah saw; “ Barangsiapa yang menghendaki kebaikan di dunia maka dengan ilmu. Barangsiapa menghendaki kebaikan akhirat maka dengan ilmu. Barang siapa yang menghendaki keduanya maka dengan ilmu” (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka sudah selayaknya orang tua mempersiapkan anak-anak dengan baik sebelum mereka memasuki sekolah perdananya, sehingga, mereka bisa menikmati proses belajarnya denhgan menyenangkan.

Wallahu’alam.

 

[LM] 

Please follow and like us: