Menkopolhukam, Mahfud MD meminta aparat keamanan menindak tegas warga yang masih keluyuran atau kumpul-kumpul. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus corona (21/3).

Sebenarnya, yang patut ditindak tegas bukan saja masyarakat yang masih enggan berdiam di rumah. Mengapa? Tidak sedikit dari mereka yang terpaksa harus keluar rumah untuk bekerja, dengan resiko tertular lebih besar demi memenuhi hajat hidup keluarga yang tidak bisa ditunda. Bukan tidak qonaah atau tidak yakin bahwa rezki itu minallah, tetapi memang banyak rakyat yang bekerja harian dengan hasil hanya cukup untuk hidup sehari, bahkan cenderung kurang.

Alangkah baiknya bila tindakan tegas juga dilakukan dengan menutup akses tempat-tempat nirfaedah yang menjadi ajang maksiat. Sebab, tempat-tempat demikian lebih berpotensi menjadi sarana penyebaran Covid-19. Misalnya cafe, diskotek, dan lain-lain.

Terpenting, sebelum masyarakat dirumahkan, sebaiknya pemangku kebijakan memastikan ketersediaan kebutuhan pokok seluruh rakyat, terkhusus masyarakat kelas bawah dalam kondisi cukup dan memadai. Memastikan tersedianya fasilitas yang menunjang terlaksananya program belajar dan bekerja dari rumah. Dengan demikian, tidak ada lagi masyarakat yang wara-wiri di luar rumah. Bila masih ada, maka patut ditindak tegas.

 

Limi Ummu Ririn
Kendari, Sulawesi Tenggara

 

[LM]

Please follow and like us:

Tentang Penulis