Islam adalah agama yang bersumber dari Allah Swt. yang membawa peraturan bagi kehidupan manusia. Peraturan tersebut tercantum dalam Alquran, dan dijelaskan lebih detail lagi melalui Sunnah Rasulullah Saw., dimana sunnah merupakan sumber kedua setelah Alquran.

Dan Alquran serta Assunah ini wajib dijadikan rujukan oleh setiap umat Islam hingga akhir zaman, yang memuat banyak hal tentang aspek kehidupan manusia dan makna-makna yang terkandung di dalamnya baik secara implisit maupun eksplisit yang meliputi seluruh alam dan isinya.

Ketentuan-ketentuan hukum yang terdapat di dalamnya tidak bisa diubah oleh siapapun karena itu adalah kalamullah.

Termasuk dalam hal berpakaian bagi umat Islam. Alquran telah mengatur bagi muslimah untuk menutup auratnya hingga yang nampak hanyalah telapak tangan dan seluruh wajahnya. Jadi jika ada pemahaman yang salah tentang pengertian jilbab dan kerudung, maka kembalilah mengkaji ayat-ayat yang tertera dalam Alquran secara benar.

Jilbab dan kerudung bukanlah sebuah pakaian adat atau budaya pada sebuah negara, tapi perintah langsung dari Allah Swt. bagi seluruh muslimah yang mengaku beragama Islam. Dan tidak ada ulama dan imam mazhab yang menyelisihinya. Sebab jika sudah menjadi perintah Allah Swt., maka tidak ada yang perlu lagi diperdebatkan.

Bagi seorang muslimah, berkerudung dan berjilbab itu suatu kewajiban bukan sebuah pilihan dalam berpakaian.

Emma Elhira
Kayumanis – Bogor

 

[ah/LM] 

Please follow and like us:

Tentang Penulis