HIV/AIDS Meraja: Tuntaskan Segera

Kota Kebumen yang terkenal dengan slogan ‘Beriman’ sepertinya perlu diedukasi kembali. Kebumen, kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Masih menghadapi persoalan masyarakat yang sama, salah satunya adalah maraknya kasus HIV/AIDS ( Human Immunodeficiency Virus/ Acquired Immune Deficiency Syndrome). Saat ini Kebumen menduduki peringkat no. 2 pengidap HIV/AIDS se-Jateng.

 

Data terbaru tahun 2019, ada 183 kasus HIV/Aids di Kota Beriman. Hal itu terungkap dalam kegiatan sosialisasi HIV-Aids bagi mahasiswa dan pelajar yang digelar di Auditorium IAINU (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama) Kebumen, ini adalah data yang dikutip oleh salah satu media di Kebumen. Yang lebih memprihatinkan adalah HIV/AIDS ini menjakit usia-usia 30-34 tahun dengan berbagai unsur status sosial utamanya sudah berkeluarga.

 

Sungguh miris melihat kondisi masyarkat yang seperti ini. Sudah seharusnya dilakukan edukasi yang lebih detail dan menyeluruh. Agar kasus HIV/AIDS ini segera terselesaikan dengan tuntas. Tentunya untuk melakukan ini dibutuhkan sinkronisasi antara pemerintah dengan masyarakat agar persoalan ini terselesaikan sampai ke akar.

 

Memang benar, pemerintah sudah berupaya melakukan pencegahan penularan HIV/AIDS melalui sosialisasi edukasi kepada masyarakat. Namun hal ini belum membuahkan hasil yang tuntas.

 

Oleh sebab itu kita membutuhkan solusi tuntas atas problematika yang dihadapi masyarakat saat ini termasuk memberantas kasus HIV/AIDS. Hal ini hanya bisa diwujudkan dalam sistem Agung, sistem yang berasal dari pencipta yakni Islam. Wallahu’alam. (LN/WuD)

Shafiyyah AL Khansa, Kebumen

Please follow and like us:

Tentang Penulis