Ibadah haji adalah ibadah yang satu tahun sekali dilaksanakan di Mekkah. Hanya orang yang telah dipanggil oleh Allah Swt untuk memenuhi panggilan-Nya. Berkumpulnya seluruh umat manusia di dunia, melebur dengan jutaan orang dalam satu waktu dan tempat yang sama, tanpa melihat suku, warna kulit maupun asal negara.

Bersama-sama melaksanakan semua aktifitas ibadah haji dengan suka cita karena Allah. Gambaran yang sama dengan salat berjamaah. Mereka berkumpul dengan aktifitas yang sama. Berkumpulnya mereka apakah bisa dikatakan bahwa umat Islam telah bersatu dalam persatuan hakiki?

Berkumpul dan bersatunya mereka hanya sebatas ikatan spritual tanpa adanya sistem atau peraturan yang mengikat mereka. Setelah aktifitas ibadah haji selesai, maka lepas ikatan di antara mereka. Hal ini disebabkan Negeri kaum muslim menerapkan sistem National State atau Nasionalisme sehingga mereka tersekat-sekat dan tercerai berai.

Hanya dengan Institusi Khilafah Islamiyah yang bisa menyatukan seluruh umat Islam di dunia dengan ikatan yang hakiki sehingga umat memiliki pemikiran dan perasaan yang sama dalam aturan yang sama yaitu syariah Islam.

 

Ridha Yanty, Tapin, Kalsel

 

[Fa]

Please follow and like us:

Tentang Penulis