Maskapai Asing Bikin Pusing

 

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menyebutkan sebuah wacana untuk mengundang maskapai penerbangan asing untuk bersaing di industri penerbangan domestik guna menurunkan tarif. Hal ini bukanlah merupakan sebuah solusi yang tepat, melainkan dapat merugikan ekonomi negara dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dalam aturan penerbangan, wacana mengundang maskapai asing untuk menggarap rute domestik juga melanggar asas sabotase penerbangan sehingga pemerintah hendaknya mempertimbangkan banyak hal jika ingin mengundang maskapai asing beroperasi di wilayah udara Indonesia. Hal ini menyebabkan munculnya perdebatan dari beberapa kalangan.

Bisa jadi dengan mengundang maskapai asing ke Indonesia tidak akan mengubah akar permasalahan, justru akan memperburuk jika pemerintah gegabah dalam mengambil solusi. Di sistem yang buruk saat ini, pemerintah seperti dibuat tidak memiliki jalan lain terhadap permasalahan yang ada di negara.

Hal itu disebabkan sistem kapitalisme yang tidak menguntungkan negara berkembang namun menguntungkan Barat sebagai negara maju. Sehingga pemerintah mau tidak mau membuat wacana yang malah akan merugikan negara tapi tidak dengan urusan mereka secara personal. Dan mengorbankan rakyat dengan dalih solusi yang memuaskan.

 

Mega Salindri Ravyola

 

[Fa]

Please follow and like us:

Tentang Penulis