Perbaiki Sistem Pendidikan, Zonasi Kemudian

 

Kebijakan zonasi memicu ribut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Banyak orang tua mengeluhkan kebijakan ini. Pasalnya anak-anak berprestasi gagal memasuki sekolah impian. Bahkan tidak sedikit yang belum dapat sekolah. Namun, kenyataannya pemerintah tetap menjalankan kebijakan ini.

Letak masalah pendidikan saat ini bukan pada zonasinya. Tapi pada sistem pedidikannya. Jika masalah ini belum diperbaiki, sebagus apapun kebijakan sebagaimana zonasi pasti akan terus menuai masalah.

Jika standar sekolah, kualitas sekolah, kualitas guru serta kualitas pelayanan merata, maka kebijakan zonasi tidak akan bermasalah. Selain masalah pelayanan pendidikan, kurikulum pendidikan pun ikut mendukung. Kurikulum yang benar akan melahirkan pendidik dan terdidik yang kompeten. Penghargaan kepada pendidikpun perlu diperhatikan. Mereka bukanlah robot yang bisa diprogram untuk melahirkan generasi mumpuni.

Kunci terpenuhinya pembenahan sistem pendidikan dengan menjadikan iman dan takwa sebagai acuan. Tujuan pendidikan bukan sekedar mencari materi, namun mencari Ridho Ilahi.

Henyk Nur Widaryanti
Pemerhati Pendidikan Ngawi

[Fa]

Please follow and like us:

Tentang Penulis