Baru – baru ini santer sebuah media memberitakan film kartun anak yang memperkenalkan hubungan sejenis. film animasi anak “My Little Pony” yang sering digandrungi anak – anak karena pernak – pernik warnanya memperkenalkan pasangan sejenis Aunt Holiday dan Auntie Lofty. Menurut Vogel (produser dan penulis film tersebut) film kuda warna – warni berkisah tentang persahabatan dan cinta.

Sengaja atau tidak dimasukkannya adegan tersebut, tetap membahayakan anak – anak. Sejak kecil mereka sudah disuguhi dengan cerita yang tidak manusiawi. Hal ini akan melahirkan pemahaman kepada anak bahwa pasangan sejenis itu boleh. Apalagi anak – anak belum bisa membedakan mana benar dan salah, atau baik dan buruk.

Sebagai emak – emak tentu kita akan resah. Setiap hari kita mendidik mereka dengan hati – hati. Memilihkan sekolah yang terbaik. Mengantarkan ke TPA. Hingga memberikan les tambahan agar anak – anak tumbuh dengan baik. Namun, semua usaha akan sirna ketika anak sedang rehat. Mereka menonton tv atau video dan ternyata menemukan konten seperti itu.

Seyogyanya, ketika kita menginginkan anak menjadi baik. Maka perlu mendidik dengan cara yang baik pula. Bahkan dari sisi konten hiburan pun kita pilihkan. Jika hal ini dibebankan pada emak saja rasanya tidak mungkin. Emak butuh pendukung dalam melakukan edukasi. Butuh bantuan keluarga lainnya yang ikut mengawasi. Peran masyarakat yang mendukung perkembangan anak. Bahkan uluran tangan pemerintah untuk menutup dan tidak menyiarkan konten – konten tidak pantas.

 

Henyk Widaryanti
Founder Komunitas Menulis Kreatif

 

[LS]

Please follow and like us:

Tentang Penulis